Sekda Tegaskan Komitmen Pemda Sitaro Penuhi Hak Perempuan dan Anak

DISKOMINFO, SITARO- Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro membuka Rapat Koordinasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, bertempat di Kantor Hubungan Antar Lembaga Manado, Sabtu 22 Juli 2023.

Adapun Sekretaris Daerah Drs Denny D Kondoj MSi menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini merupakan wujud nyata komitmen dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak serta memberikan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi mereka. Kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah persoalan sensitif yang sangat serius sehingga harus segera diatasi bersama sebagai suatu komunitas yang peduli dan beradab.

Dalam pelaksanaan program pencegahan kekerasan ini, pihaknya mengajak untuk fokus pada beberapa hal penting, yaitu program guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak-hak perempuan dan anak, serta pentingnya melindungi mereka dari kekerasan dan eksploitasi, tingkatkan ketersediaan layanan medis, konseling, dan rehabilitasi bagi korban kekerasan, sehingga mereka dapat pulih secara fisik dan psikologis serta perkuat kerjasama antara kepolisian, instansi hukum, dan lembaga sosial dalam penanganan kasus-kasus kekerasan agar dapat menghadirkan keadilan bagi para korban.

Peran keluarga juga sangat krusial dalam mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak. Mari dorong keluarga untuk menjadi pelindung pertama dan lingkungan yang aman bagi anggota keluarganya, pendidikan tentang kesetaraan gender dan penghargaan terhadap hak-hak perempuan dan anak sebaiknya dimulai dari lingkungan keluarga.

Sekda mengajak seluruh peserta rapat koordinasi untuk berdiskusi dengan terbuka, berbagi ide, pengalaman, serta memberikan masukan yang konstruktif. Tak lupa saya memberikan apresiasi kepada kita sekalian yang senantiasa memberi diri berbuat, bekerja dan berkarya bagi Sitaro khususnya dalam upaya mewujudkan kesejahteraan serta kemajuan perempuan dan anak-anak.

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Fabiola Papona bersama jajaran, Kepala UPTD PPA Provinsi Sulut Meidy Son Derek, Kasat Binmas Polres Kepulauan Sitaro AKP Viktor Kepel, Pimpinan OPD, serta seluruh peserta rapat koordinasi.