Dasar Rencana Pembangunan Berkualitas Lewat Pengisian Data e-Walidata SIPD

DISKOMINFO, SITARO- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengisian Data pada Aplikasi e-Walidata Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (26/3/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh operator pengelola data dari masing-masing produsen data yakni organisasi perangkat daerah, dibuka secara langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Novia Tamaka.

Bimbingan teknis ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan operator pengelola dalam pengisian data pada Aplikasi e-Walidata SIPD agar tersedianya data dan informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku.

Wakili Pj. Bupati Sitaro. Asisten I Novia Tamaka menerangkan bahwa data statistik sangat penting bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pembangunan daerah. Dimana sebelumnya telah dilaksanakan Forum Satu Data Sitaro yang telah menetapkan daftar data statistik sektoral pada tahapan Asistensi Perencanaan Data.

“Tahapan selanjutnya yaitu pengumpulan data. Pengisian data yang akurat dan terintegrasi adalah kunci utama dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang efektif,” jelas Tamaka.

Disela pelaksanaan bimbingan teknis itu juga telah dilakukan Launching Pengintegrasian SIPD Kemendagri dengan Portal Satu Data Sitaro. Menurut Asisten I, dengan adanya integrasi data ini diharapkan akan tercipta sinergi yang baik antar-instansi pemerintah.

“Terintegrasinya SIPD Kemendagri dengan Portal Satu Data Sitaro tentunya akan menghasilkan penyajian data yang lebih akurat, terpercaya dan dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan,” imbuhnya.